Resensi Buku : PELAJARAN BAHASA PERANCIS UNTUK ORANG INDONESIA

Buku “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia”

1. Identitas Buku yang di Resensi

Judul : PELAJARAN BAHASA PERANCIS UNTUK ORANG INDONESIA

Pengarang : Claude TASCHINI, Deddy PRAYITNO

Ilustrator : Michel CUVILLERS

Penerbit : PT. Indira

Tempat Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 1982

Nomor Panggil ; 440-07(024) Tas pI

Nomor Rak : 440-07(024)

Deskripsi Fisik : 90 p.; 21 cm.

Subyek : Studi dan pengajaran Bahasa Perancis

Jumlah Halaman : vi + 90

2. Sinopsis Buku

Buku yang berjudul “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia” bertujuan untuk mempermudah kita (orang Indonesia) dalam belajar Bahasa Perancis sendiri, secara autodidak, dengan mudah dan menyenangkan. Namun kita tetap harus mengulang-ulang kalimat-kalimat yang diucapkan oleh Dodi dan Nina (2 tokoh dalam buku Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia yang berwarganegaraan Indonesia), Jean-Louis (tokoh yang berwarganegaraan Perancis yang bisa bahasa Indonesia yang membantu Dodi dan Nina), maupun menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Terdapat juga empat cara belajar yaitu :

a. Dialogue Naturel (Dialog asli)

Kita dapat mengerti secara keseluruhan ide cerita, kosakata maupun kalimat-kalimat yang ada. Tahap explication-traduction atau pengenalan secara umum ide dan elemen bahasa.

b. Reprise Pedagogique Du Dialogue (Pengulangan dialog secara pedagogik)

Pengulangan secara pedagogik dibuat untuk memantapkan lagi pengertian dan penguasaan struktur kalimat yang terdapat di Dialogue Naturel yang akan diulang kembali pada Dialogue Simplifie.

c. Dialogue Simplifie (Percakapan sederhana)

Elemen-elemen Bahasa Perancis tanpa keterangan dan terjemahan Bahasa Indonesia. Struktur kalimat dan kosakata, sebagai pemantapan pengenalan kembali dari yang dipelajari sebelumnya dan berguna untuk mengikuti pelajaran selanjutnya.

d. Activites Complementaires (Latihan-latihan tambahan)

Phase dapat memantapkan secara lisan maupun tertulis yang dipelajari sekaligus mengontrol kemampuan kita dalam berbahasa Perancis.

 

Mempelajari dan menambah bacaan, membuat kita kaya kosakata baru. Dengan ini kita dapat belajar sekaligus mempraktekan dari tahap permulaan (berupa latihan berbicara) dengan dilanjutkan dengan aktivitas sekitar dengan membaca atau berinteraksi dengan orang yang berbahasa Perancis.

3. Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan Buku “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia” adalah tata bahasa cukup baik dan dapat dipahami secara cepat dan mudah. Terdapat rincian penggunaan kata “Vous” untuk orang yang belum kita kenal baik/ asing/ orang yang lebih tua dari usia kita sebagai sikap norma sopan/ menghargai orang tersebut, sedangkan kata “Tu” untuk orang yang sudah kita kenal/ seumuran/ orang yang lebih muda dari usia kita.

Mudah dimengerti kata-kata yang mempunyai karakter masculin ou feminin. Contoh : untuk masculin ; “Je suis heureux“, sedangkan untuk feminin ; “Je suis heureuse“. “Je suis beau” untuk masculin, sedangkan “Je suis belle” untuk feminim. Kita dapat mempelajari dan membedakan Nom (kata benda) yang masculin ou feminin dari berbagai kosakata.

Kekurangan Buku “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia” tidak dilengkapi dengan audio atau kaset untuk mendengarkan Bahasa Perancis dengan baik dan benar, agar tidak salah baca dan merubah arti yang kita maksud. Kita juga harus sering mendengar bagaimana orang Perancis berbicara dengan intonasinya yang cepat, supaya kita dapat mengerti apa yang dibicarakan.

4. Resensi Buku

Dengan membaca dan juga mempelajari buku “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia” kita dapat belajar bahasa asing baru yaitu Bahasa Perancis. Buku “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia” menjelaskan dengan cara unik dan interaktif, mudah dan juga menyenangkan. Meskipun santai tetapi kita dituntut aktif untuk kegiatan belajar. Pembelajaran dari tahap explication-traduction hingga phare Reprise pedagogique du dialogue dan Activites Complementaires untuk mencegah kejenuhan saat belajar Bahasa Perancis.

Tetapi kita perlu mendengar orang Perancis berbicara melalui rekorder, kaset atau berinteraksi. Agar pengucapan kita benar dan tidak merubah arti, serta paham yang kita katakan benar atau tidak pengucapannya tersebut.

Buku “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia” cocok untuk semua kalangan yang ingin belajar Bahasa Perancis, mudah dimengerti dan dipahami sehingga dapat latihan serta pelajaran-pelajaran mudah dipahami. Serta cocok untuk bekal bahasa asing untuk studi lanjut ke negara Perancis atau negara yang memakai bahasa Perancis. Buku “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia” merupakan tulisan yang padu dan buku layak untuk dibaca dan dipelajari lebih lanjut dan cocok untuk kalangan siswa,mahasiswa, guru dan semua kalangan yang ingin belajar dan sukses. Kualitas dan isi buku “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia” sudah cukup mumpuni dan baik untuk seorang pemula maupun yang ingin mempelajarinya.

Buku “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Indonesia” tersebut dapat dipinjam serta dilihat di web http://library.uny.ac.id/sirkulasi/index.php?p=show_detail&id=40401&keywords=pelajaran+bahasa+perancis+untuk+orang+indonesia atau klik disini  “Pelajaran Bahasa Perancis Untuk Orang Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

+ 82 = 86